Selasa, 02 April 2013

2013 GP Formula 1 @Sirkuit Sepang Malaysia

Kami memang sudah merencanakan perjalanan ini sejak beberapa bulan lalu. Ini kali ketiga berkunjung ke KL. Hanya saja yang berbeda dari kunjungan sebelumnya, sekarang saya jalan berdua bareng braderhood dan memang mengkhususkan nonton annual even Formula One disini. Sebenarnya kami juga bukan penggemar F1, pengalaman pernah nontonnya yang pengen kami cari. Apalagi sekelas even internasional yang diadakan HANYA di 2 negara di Asia Tenggara. Ditambah dengan operational cost yang lebih manusiawi, jadilah diputuskan buat nonton perhelatan Formula One di Kuala Lumpur, bukan F1 Nite Race di Singapura.


Nonton mobil muter-muter seperti yang kita liat di siaran TV nasional awalnya saya pikir akan sangat membosankan. Ga worth it lah, buat dikejar sampe ke negeri Jiran begini. Namun pertama kami sampe di sirkuit, atmosfirnya bener-bener berbeda dari expectasi awal di kepala. Suara mesinya, euforianya, penontonnya. SERU !!  GOKILL !! :D

Tapi tentu saja bukan hanya urusan serunya yang pengen di share disini. Dari akomodasi, cost, foto sampe trasportasi. Plus komen ga penting mengenai even ini.

HOW TO GET THERE ??

The Fast Train
25RM (One Way)

Akomodasi dan Trasportasi. yang pertama dan yang ga kalah penting dari acara itu sendiri. Seperti biasa saya berangkat dari Sultan Syarif Kasim II International Airport Pekanbaru pake Air Esia. Tiket PP beli promo, sekitar 360rb saja. Nginap di Beltif Hotel di bukit bintang dengan standar roomnya 120RM buat 2 orang. Pilihan tempat nginap lain, sebenarnya banyak yang lebih murah, Semacam hostel seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, bisa kita cek ratenya di situs-situs booking hotel seperti agoda.com dan .com .com lainya. Yang saya sudah pernah coba di serenity hostel. Persis di area cafe-cafe disini. Anyway, broder saya berangkat dari Adi Sutjipto Jogja. And stiiillllll by Air Esia tiket PP promo yang kurang lebih PP seharga 600rb. Memang kalau kita rajin mantau tiket-tiket promo, sebenarnya ke luar negeri khususnya di sekitaran Asia Tenggara masih sangat terjangkau lhoo.

K2
K1 Grandstand
Spectator Guide
Back to main event yang akan dikupas tuntas, one stop ticket bisa kita beli DISINI. Dan tiket berlaku sampai dengan 3 hari nonstop dari mulai kualifikasi, training session sampe hari-H nya. Karena kami pun kesini tanpa basa basi dengan perencaan dan informasi yang setengah matang, saya langsung membeli tiket di K2 sekitar 250an rb per orang, yang juga jadi awal ketololan kami selanjutnya. Yang pertama, penjualan tiket JAUH LEBIH murah saat early bid, atau penjualan jauh-jauh hari yang ga lebih dari 100an rb per orang di lokasi yang sama. Saya masih yakin ga yakin nonton saat itu, jadilah membeli tiket mepet hari. Tiket lebih mahalah konsekuensinya. Kesalahan kedua, dengan membeli tiket grandstand sebenarnya kita bisa sekaligus mendapatkan tiket masuk nonton After Race Concert. Tiket grandstand termurah di K1B Grandstand saat early bid sekitar 400an rb. And you know what??? band utama hari itu Gun N Roses pemirsa ! Gun N Roses !! Dengan tiket 400rb (kalo saya langsung beli waktu itu) bisa nonton F1 dan nonton mereka. Tapi sialnya saya hanya punya tiket K2. Crapp !!

Trus gimana bisa foto K1 grandstand?? Nahh ini sebetulnya kejadian yang tidak disengaja cuman bisa dijadikan contoh (jelek) Jadi,, seperti yang saya ulas tadi, tiket nonton kami ada di K2. Karena pas waktu sholat, Saya mampir ke mushola, yang ternyata ada di K1. Alhasil karena pengawasan tiket di tengah race tidak seketat awal masuk, berhasilah kami berdua nonton di K1 Grandstand. Ibarat nonton konser band-band lokal. Di tengah concert ada tiket jebolan :D  

ShowRoom @Petronas Tower
So, Tips saya dalam nonton Formula One di Sepang Sircuit, yang wajib harus dipersiapkan demi mendapatkan operasional cost serendah-rendahnya dengan keuntungan sebesar-besarnya adalah :
1. Cari Tiket Promo jauh-jauh hari
2. Beli tiket Grandstand saat earlybid, ga peduli siapa artis after race concertnya (soalnya pasti keren. Ga mungkin band sekelas Armad* yang ngisi acara ini kan? )
3. Cari penginepan (sesuai budget dan selera) di sekitar KL-Center beberapa minggu sebelum race. Selain dekat dengan pusat transportasi yang bisa ngantar kalian ke banyak tujuan di Kuala Lumpur, pilihan tempat makan juga banyak tersedia disini. Termasuk transport langsung ke Sepang Sircuit atau Batu Caves.
4. Bawa "amunisi" cukup. Karena mall di sekitar sirkuit menawarkan banyak sekali merchandise original yang super coool, untuk sekedar koleksi atau kenang-kenangan.
5. Sempatkan kunjungi petronas tower di malam sebelum race. Mall yang berlokasi di basement gedung ini mengadakan banyak event meramaikan Formula One. Untuk tahun ini, konser yang diadakan dengan artis utama BackstretBoys !!!!

Well, See You On 2014 Formula One Grand Prix Sepang Sircuit At March 21-23, 2014 guys. Be Prepared ;)

3 komentar:

  1. aaaargh sayang banget tu mas, GNR bro, kapan lagi liat Armand Maulana dengan harga segitu

    BalasHapus
  2. oalah..udah pindah ke blogspot toh. pantes di link ane gak pernah ada update-an, ternyata situ sangat aktif blogging. Seems like that town give you more time to write. wkwkwk

    BalasHapus
  3. Ready for F1 GP Sepang 2015? Follow me @miss_rham #i'm gadder do you?

    BalasHapus